Wednesday, November 2, 2011

Sekedar Wacana

Setiap manusia mempunyai sifat, watak, dan kehendak sendiri-sendiri sehingga menimbulkan kepentingan yang berbeda. Kepentingan orang lain dapat saja sama dengan kepantingan kita dan tidak jarang pula kepantingan-kepentingan itu berlainan bahkan bertentangan sehingga menimbulkan pertikaian yang mengganggu keserasian hidup bersama. Golongan yang kuat menindas orang atau golongan yang lemah. Pertanyaan.
Bagaimana hubungan antara norma agama, norma hukum, dan norma lain ? Mencuri adalah mengambil barang orang lain tanpa izin dan mnjadikannay milik pribadi. Perbuatan ini jelas merugikan orang yang  barangnya diambil. Namun adakah hubungannya dengan terciptanya suatu keadaanyang tidak stabil.
Apa perbedaan hukuman dan sanksi yang diberikan ? Karena mencuri merupakan perbuatan salah maka orang yang melakukannya akan mendapat hukuman. Oleh karena itu samakah hukuman yang diberikan kepada orang yang mencuri mobil dengan yang mencuri ayam.
Apa penyebab masyarakat melakukan hal tersebut ? Seringkali kita membaca di koran ada orang yang ketahuan mencuri dipukuli oleh masyarakat setempat. Kadang pencuri yang bernasib sial itu dapat menemui ajal atau mengalami cacat seumur hidup. Hal ini dilakukan masyarakat atas pertimbangan apa?
Apa contoh kasus dari kasus penghakiman massal terhadap pencuri yang pernah ada?
Bagaimana, apakah hukuman yang diberikan sudah adil? Semestinya hukuman diberikan berdasrkan kesalahan yang diperbuat. Namun kenyataanya tidak seperti itu, contohnya maling yang mencuri ayam bila tertangkap bisa dipukuli hingga luka parah. Tetapi pejabat yang melakukan korupsi tidak diserang seperti pencuri yang tadi. Bagaimana dengan itu?
Apa latar belakang masyarakat memberikan hukuman seperti itu kepada pencuri? Alasan apa yang masyarakat atau atas dasar apa masyarakat memberikan hukuman seperti itu kepada pencuri. yang dilakukan pencuri itu sehingga sampai harus dipukuli sampai terluka parah? Bagaimana jika yang melakukan pencurian itu diganti menjadi pejabat? Apakah anda akan melakukan hal yang sama?

No comments:

Post a Comment