Sunday, February 20, 2011

Robot

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, dengan menggunakan pengawasan dan kontrol dari manusia. Manusia yang mengawasi dan mengontrol robot biasa disebut dengan operator. Selain itu bisa juga menggunakan program yang telah didefinisikan oleh manusia yang membuatnya, disebut juga dengan kecerdasan buatan.

Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya dan pekerjaan berulang. Seperti robot industri yang digunakan dalam proses produksi. Penggunaan lainnya seperti pembersihan limbah beracun, pengamatan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pencarian dan pertolongan, dan pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, penyedot debu, dan pemotong rumput.

Perkembangan sekarang

Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka mengetahui bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang telah tersedia. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda biasa digunakan dalam melakukan eksperimen untuk mengetahui tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Dari eksperimen itu teknik navigasi telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir adalah dari sistem kontrol navigasi otonom termasuk sistem navigasi berdasarkan laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.

Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan model platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju tipe badan seperti itu menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah menghambat penjualan robot-robot kepada para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini dapat memiliki kestabilan yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.

No comments:

Post a Comment