Sunday, September 26, 2010

Style (Arsitek)

Kata style diambil dari bahasa Inggris yang jika diartikan adalah suatu cara dalam mengerjakan sesuatu. (wikipedia.com)


Menurut kamus bahasa Inggris kata style berarti cara, bentuk atau ragam.Jika di artikan lebih lanjut cara adalah suatu aturan dalam pngerjaan sesuatu. Bentuk adalah suatu gambaran, rupa atau wujud yang dapat dideskripsikan dan arti dari ragam adalah macam atau jenis. (KBBI)


Style atau gaya adalah suatu cara yang dilakukan oleh setiap individu untuk merepresentasikan suatu hal kedalam suatu wujud atau bentuk yang nyata. Dalam hal apa gaya itu direpresentasikan, itu terserah tiap pribadi entah dalam gaya hidupnya, berbusana, atau karya yang dihasilkannya, dll.


Setiap individu memiliki style atau gaya yang berbeda satu dengan yang lainnya. Apa yang menyebabkan style tiap orang bisa berbeda? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti lingkungan, latar belakang kehidupannya, kepribadian atau sifat dari pribadi itu sendiri. Sebagai contoh orang yang tinggal di kampung memiliki gaya hidup yang sederhana. Orang dengan imajinasi yang tinggi menghasilkan karya – karya yang bersifat fiktif.


Contoh nyata adalah mengenai Michelangelo, Michelangelo dengan latar belakang kehidupan dan sifatnya yang menuntut kesempurnaan dalam karya – karyanya menghasilkan karya yang sempurna dan nyata. Seperti saat dia membuat patung manusia, ia sampai memeriksa mayat untuk mengetahui seluk beluk tubuh manusia dan hasilnya ia dapat menciptakan patung dengan sosok manusia yang terlihat hidup.


Gaya atau style ini juga bisa di kaitkan dengan dunia arsitektur. Seperti yang dikatakan di atas bahwa gaya juga mempengaruhi karya seseorang. Gaya juga turut andil dalam mempengaruhi karya seorang arsitek. Oleh karena setiap manusia memiliki style tersendiri, Gaya atau style inilah yang menimbulkan keanekaragaman dalam desain bangunan yang dirancang seorang arsitek. Jika seorang arsitek tetap konsisten dengan gaya bangunan yang dia disain maka bangunan yang di bangun akan memiliki suatu karakter tersendiri yang dapat menjadi suatu ciri dari arsitek tersebut. Bisa dibilang ciri dari suatu bangunan adalah identitas dari seorang arsitek.

No comments:

Post a Comment